Taman Wisata kali Cimanuk Indramayu

Indrmayu adalah salah satu kota yang berada di Jawabarat, ada cukup banyak kemajuan dikota yang dijuluki kota mangga ini, salah satu perubahan yang terjadi adalah penataan bantara kali cimanuk menjadi taman dan menjadi tempat kuliner juga bermain bagi anak. Dengan ditatanya bantaran kali cimanuk ini memberikan wajah baru bagi keindahan kota Indramayu.

Taman Cimanuk ini berada dibantaran kali cimanuk, tepatnya berada dibawah jembatan cimanuk atau persis dibelakang Masjid Agung Indramayu yang terletak dipusat kota Indramayu. Selain menabah kecantikan kota, dengan adanya taman ini juga memberikan ruang terbuka hijau yang memang baik untuk digalakkan ditengah issue pemanasan global yang terjadi. Disisi lain, keberadaan Taman Cimanuk memberikan alternative baru bagi seluruh warga indramayu untuk sekedar bersantai, baik bersama keluarga maupun teman.

Taman Cimanuk ini memang belum secara resmi diresmikan menjadi taman kota Indramayu, mungkin dikarenakan masih dalam taraf pembangunan, namun jika dilihat dari taman yang sudah berdiri, taman Cimanuk ini dibuat untuk beberapa fungsi, sebelah kanan (dari arah masjid), disitu banyak disediakan lapak dan ruang untuk pedaganag berjualan, disebelahkananya lagi dibangun taman bermain khusus untuk anak-anak, sedangkan disisi kiri jembatan dibangun lebih kearah taman bersantai.




Taman cimanuk sisi sebelah kiri ini banyak sitanami pohon dan rerumputan hijau, disediakan pula tempat duduk yang berkapasitas untuk 2-3 orang atau tempat duduk yang bisa diduduki banyak orang. Untuk menjaga kebersihan disini juga banyak disediakan tempat sampah, baik yang diperuntkkan untuk sampah organic maupun sampah non organic. Taman ini dibangun bukan hanya disatu sisi bantara kali, namun dikedua sisi bantara kali Cimanuk dibangun taman yang serupa, hal ini semakin mempercantik wajah bantaran kali cimanuk.

Waktu yang pas untuk mengunjungi dan bersantai ditaman ini adalah saat pagi hari dan sore hari, waktu pagi hari suasana ditaman ini sangat sejuk, namun jika matahari sudah mulai terik, suasana disini terasa panas, maklum saja karena pohon-pohon yang ditanam disini masih belum menjulang tinggi dan meneduhkan. Selanjutnya, sore hari adalah waktu yang paling disukai oleh banayk pengunjung, karena matahari sudah tidak terik lagi. Untuk waktu malam hari, ditaman ini masih terlihat gelap, lampu-lampu yang tersedia belum difungsikan, mungkin karena memang taman ini belum secara resmi dibuka dan diresmikan.




Terlepas dari upaya yang baik dari pemerintah untuk memperindah wajah kota dan bantaran kali Cimanuk, semakin lama kondisi taman ini semakin sedikit tidak asri, karena banyaknya sampah dan rerumputan dan pohon yang ada tidak tumbuh dengan baik, hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran para pengunjung untuk menjaga kasrian taman, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menginjak rerumputan juga tidak merusak pohon yang ada disekitar taman. Para pedagang yang ada juga sangat disayangkan menggelar tikar diatas rerumputan uttuk para pengunjung duduk, padahal denga seperti itu akan merusak ruput yang ada ditaman. Tidak sedikit pula pengunjung maupun pedagang yang berjalan tidak melalui jalan setapak yang sudah disediakan, justeru malah menginjak rumput dan pohon yang masih kecil disekitar taman.

Minimnya papan peringatan dan atau himbauan disekitar taman menjadi salah satu kritikan membangun bagi pengelola taman kota, karena sedikit banyaknya, jika dipasang papan peringatan atau bersifat himbauan untuk menjaga keasrian taman akan membantu memantik kesadaran seluruh masyarakat akan pentingnya menjaga keasrian taman cimanuk. Semoga keberadaan Taman Cimanuk Kota Indramayu ini semakin menambah keindahan kota dan memberikan pembelajaran bagi kita semua akan pentingnya ruang terbuka hijau serta taman kota. Dan bagi para pengunjung semoga bersama-sama dapat menjaga keasrian taman cimanuk untuk kenyamanan bersama.

0 komentar:

Post a Comment test